Minggu, 21 September 2008

EDI_Electronic-Data-Interchange

Secara formal, EDI-Electronic Data Interchange dapat didefinisikan sbg “proses transfer suatu data terstruktur, dgn pesan standar pstujuan, dari suatu system computer ke system lain tanpa intervensi manusia. National Institute of Standards and Technology dalam publikasinya di tahun 1996 mendefinisikan EDI sebagai

“the computer-to-computer interchange of strictly formatted messages that represent documents other than monetary instruments”
Dalam EDI, suatu format data yg merepresentasikan dokumen ditransmisikan via telekomunikasi atau dengan media penyimpanan elektronik. Di era teknologi seperti saat ini, dimana selain EDI juga tlh bkembang XML web service, internet dan world wide web, EDI tetap merupakan format data yang digunakan oleh meyoritas transaksi e-commerce di dunia.

Slh satu perusahaan yg menerapkan EDI adl Glaser Glass, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur gelas, kaca, dsb. Dalam pkembangan aplikasi EDI, Glaser Glass ingin peningkatan efisiensi dan pngurangan biaya, mengurangi biaya laporan dan kertas, mempercepat proses invoice, dan system EDI yg easy to use and easy to be taught. U/ itu Glaser Glass bekerjasama dgn Sierra Bravo, sebuah perusahaan pencipta EDI untuk bisnis dan adaptasinya.

Dgn adanya EDI ini, Glaser Glass berhasil meraih apa yg mereka inginkan. Rangkaian proses produksi menjadi lebih terarah, lebih efisien dan biaya overhead menjadi berkurang. Setiap klaim diproses lebih cepat dan lebih efisien melalui proses otomasi. Karyawan mempunyai waktu lebih u/ berinteraksi dgn klien dan lebih mudah u/ mengajarkan system yg ada pd karyawan baru. Pengeluaran u/kertas juga berkurang krn skrg semua dapat di-trace secara elektronik.

Demikianlah penjelasan ttg EDI dan manfaatnya… smoga bmanfaat :)

3 komentar:

Sisca Pratiwi mengatakan...

Hehe... penjelasan yang menarik dan lengkap. Thanx ya buat komennya... GBU Na.

yantinitra mengatakan...

ya, na..
cos kaget juga waktu ngliat..wah NANA uda mosting cepet banget,
yaudah, ga mau kalah donk,, mosting juga, hehehe

tiap ngupdate blog isi blog ku juga y na..

Unknown mengatakan...

masukin juga dunk blog link ke http://poftui.ning.com