Sabtu, 20 September 2008

E-Commerce

Electronic Commerce (E-commerce) merupakan sales aspect dari e-business dimana terdapat aksi jual beli (transaksi) suatu produk atau jasa melalui sistem elektronik, sperti internet dan jaringan komputer lainnya. E-commerce yang diperuntukkan untuk bisnis dikenal dgn Business-to-business (B2B). Seiring meluasnya pemakaian internet, e-commerce jg tumbuh secara pesat. Banyak perusahaan yg tlah mnerapkan e-commerce ini, salah satunya adl FORD, salah satu produsen otomotif t’nama di dunia.
Sejak Juni 1999, Ford tlah mengimani internet dapat meningkatkan manufacturing. Untuk itu Nasser, Chief Executive Ford, mbentuk ConsumerConnect yg btanggungjawab dlm e-business dan pngembangannya. Dalam mematangkan setiap konsep e-commerce, Ford bekerjasama dengan berbagai perusahaan ternama lainnya, seperti Oracle dalam penyediaan software dan database, Cisco yang menyediakan networking expertise, Microsoft Corp’s car point yang membantu mengembangkan servis build-to-order, UUNet, Hewlett Packard, yahoo! dan priceline.com
Dgn berbagai strategi pngembangan e-commerce yg meliputi retailing, cust.service, suppliers, marketing, digital dashboard, finance, and workers, Ford dapat meraih berbagai keuntungan. Bbrp keuntungannya adl mengurangi modal pbuatan mobil hingga $650 tiap mobilnya, meningkatkan playanan hingga 24 jam, menghemat hingga $8.9 milyar setahun dlm pnyediaan raw material dan parts, meningkatkan efisiensi pabrik, mengurangi biaya servis sekitar 15% hingga 20%, dll.
Dgn e-commerce ini Ford menjadi model efisiensi di era internet. Ford mampu menghemat hingga 25% dari harga retail mobilnya dalam biaya supplier dan distribusi. Ford tlh mjd suatu role model perusahaan yg mampu mmanfaatkan dan mngembangkan teknologi dgn baik hingga bisa meraih profit berlipat2 ganda.

5 komentar:

feronika mengatakan...

e commerce memang suatu terobosan dalam dunia bsnis yang canggih banget yah... gmana enggak, kalau kita bisanya jika mau belanja harus pergi ke berbagai tempat, dengan e commerce kita tinggal duduk dan ngebrowsing di laptop trus apapun yang kita mau tinggal kita pesen via internet d... canggih euy...

Sisca Pratiwi mengatakan...

Setuju ndengan fero... jaman sekarang emang semua pake ecommerce ya? Hehe...

Anonim mengatakan...

e-commerce emg bermanfaat buat kita sebagai customer (B2C), juga buat perusahaan lain (B2B).. Ga heran klo skarang hampir smua perusahaan ada site e-commerce-nya!!
btw warna warni oy.. mnarik!!

UkiMiawz mengatakan...

E commerce? wew, kalo di sini masih nggak gitu jalan kayaknya, secara orang masih lebih percaya kalo belanja "fisik" apalagi sekarang banyak cracker2 beredar, rada resiko, entah apa yang bisa mereka lakukan sama nomor kartu kredit u

MarianaDewi mengatakan...

iyuu, bner jg siy kii..tp skrg makin lama makin byk koq yg pake e-commerce..tp biasanya perusahaan siy